Beasiswa SMA ke Luar Negeri: Info & Tips

Selama ini mungkin banyak yang hanya mengetahui beasiswa ke luar negeri itu untuk jenjang S1 maupun S2 saja. Namun ternyata, bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan SMA di luar negeri ada beasiswa yang banyak bertebaran. Salah satu yang cukup populer adalah ASEAN Scholarship. Meskipun banyak sekali beasiswa SMA ke luar negeri yang bisa kamu apply, namun yang satu ini jangan sampai terlewatkan.

Beasiswa Dalam Negeri: Daftar Lengkap

Sekedar info, Beasiswa SMA ke Luar Negeri ASEAN Scholarship merupakan beasiswa pendidikan dari Kementrian Pendidikan di Singapura (Ministry of Education) bagi penduduk di negara-negara ASEAN. Untuk negara Indonesia, lowongan Beasiswa SMA ke Luar Negeri ASEAN Scholarship dibuka bagi siswa SMP yang sudah menjalani UN. Beasiswa ini untuk tingkat Secondary 3-Junior College 2, yang mana setara dengan kelas 9-12. Mungkin jika di SMA harusnya mulai dari kelas 10-12, maka artinya kamu harus turun satu tingkat. Meskipun begitu, beasiswa ini sangat worth it untuk didapatkan.

ASEAN Scholarship biasanya membuka pendaftaran setelah Ujian Nasional (UN) SMP. Sehingga bagi kamu yang ingin apply, pastikan selalu update informasinya di waktu-waktu tersebut. ASEAN Scholarship berlaku untuk 4 tahun pendidikan. Nantinya setelah lulus akan mendapatkan sertifikat Singapore Cambridge General Certificate of Education Advanced (GCE A) Level atau setara. Untuk bisa melamar beasiswa ini, kamu harus memenuhi berbagai syarat sebagai berikut:

  • Pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Lahir di tahun yang sesuai dengan ketentuan
  • Mengikuti UAN SMP kelas 3 di tahun beasiswa dikeluarkan
  • Memiliki prestasi yang bagus dan konsisten selama di sekolah
  • Lancar menggunakan bahasa Inggris dan aktif kegiatan ekstrakurikuler

Untuk mendapatkan beasiswa ini ada berbagai tahapan yang harus dilalui. Mulai dari tahap pendaftaran, tes seleksi, wawancara seleksi, dan yang terakhir baru pengumuman hasil seleksi. Pendaftar yang terpilih nantinya akan mendapatkan pemberitahuan untuk proses wawancara. Sehingga jika ada salah satu dari peserta yang tidak mendapatkan pemberitahuan ini, bisa dipastikan tidak lolos ke tahap selanjutnya.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap

Biasanya test dan wawancara untuk mendapatkan beasiswa SMA ke luar negeri di ASEAN Scholarship ini akan diadakan di beberapa kota, bisa di Jakarta, Surabaya, dll serta di negara Singapura juga. Bagi kamu yang tertarik melamar beasiswa ini, beberapa benefit yang akan didapatkan, antara lain:

  • Tunjangan tahunan dan akomodasi hostel
  • Tunjangan pindahan atau tunjangan penyesuaian yang diberikan sekali saat siswa tiba pertama kali di Singapura
  • Tiket ekonomi pulang-pergi ke Singapura
  • Tanggungan biaya sekolah secara penuh, terkecuali untuk beberapa biaya tambahan lain
  • Biaya ujian GCE O-Level dan A-Level (untuk 1 kali)
  • Subsidi layanan dan faskes serta asuransi jiwa

Untuk seleksinya sendiri nantinya melihat nilai rapor serta UN. Untuk test tertulis terdiri dari 3 komponen, yaitu test IQ (General Ability Test), test Matematika, dan test bahasa Inggris. Untuk test IQ ada baiknya belajar untuk menjawab dengan cepat. Karena dari banyak alumni yang pernah mengikuti beasiswa ini, untuk menjawab 1 soal hanya akan diberi waktu sekitar 1 menit saja bahkan kurang dari itu. Jadi jika kamu tidak mempersiapkan dan belajar dari jauh-jauh hari, semua soal yang diberikan bisa terlewat tidak dikerjakan. General Ability Test ini bertujuan untuk mengukur kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru. Soal-soalnya berupa pola gambar dan peserta diharuskan memilih diantara beberapa gambar tersebut yang tepat untuk melengkapi polanya.

beasiswa sma ke luar negeri

Untuk test Matematika umumnya seputar pelajaran anak kelas 3 SMP. Sehingga jika kamu cukup menguasai pelajaran yang satu ini, tentu kamu tidak perlu khawatir. Untuk test bahasa Inggris biasanya berupa gramatikal test dan essay. Untuk kamu yang ingin lolos pada test ini harus berlatih grammar, memperbanyak kosakata, dlsb. Dalam mengerjakan essay, buatlah yang sekreatif dan semenarik mungkin. Karena nantinya hal ini bisa menunjukkan diri kamu seperti apa di mata penguji.

Jika lolos ketiga test tersebut, tentunya kamu nanti harus mengikuti tahapan selanjutnya berupa test wawancara. Test wawancara ini biasanya diadakan beberapa bulan setelah test tertulis sebelumnya. Pertanyaan yang diajukan dalam wawancara cukup random. Kemampuan kamu menjawab pertanyaan dengan lugas dan menarik tentunya bisa menjadi pertimbangan lolos seleksi. Usahakan selalu ramah dan tersenyum selama proses wawancara.

Nah, jika kamu cukup tertarik untuk mendapatkan beasiswa SMA ke luar negeri dari ASEAN Scholarship, maka setelah UN SMP sering-seringlah mengecek informasi dari web resminya. Program ini hampir setiap tahun ada sehingga bagi yang berminat bisa mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Umumnya syarat-syarat dan prosedurnya sama setiap tahunnya, sehingga tinggal bagaimana kita harus aktif mencari informasi tersebut dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Cara mendaftar beasiswa ini hampir sama seperti kamu melamar ke instansi lainnya, dimana proses pengiriman dokumen aplikasinya via online dan peserta diwajibkan mengisi beberapa form secara online juga. Jika tahun ini kamu ingin mencobanya, semoga berhasil!

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia