Beasiswa S3 International Studies di Italia: Program 2018

Beasiswa S3 International Studies ini ditawarkan oleh University of Trento, Italia dan the European Academy of Bolzano (Eurac Research) untuk mahasiswa Eropa atau internasional dengan masa studi 3 tahun mulai 1 November 2018. Beasiswa S3 International Studies diselenggarakan sepenuhnya dalam bahasa Inggris.



Jumlah beasiswa yang diberikan sebesar € 15.343,28, per-tahun, termasuk jaminan sosial. University of Trento akan menaikkan angkanya jadi € 16.290, 00 pada 1 November 2018. Beasiswa dibayarkan di awal setiap dua bulan sekali, kecuali pada tahun pertama yang dibayarkan pada akhir Januari 2019.

Jumlah penerima beasiswa yang dibutuhkan ada 6, meliputi: 5 beasiswa dari University of Trento dan 1 beasiswa dari Eurac Research. Khusus beasiswa dari Eurac Research, penerima beasiswa akan terlibat dalam riset bertopik ”Cross-Border Co-operation, Sub-National Entities and Multi-Level Governance”. Kandidat beasiswa Eurac disarankankan memiliki skill riset di bidang perbatasan antar-negara.

beasiswa s2 international studies

Kedua beasiswa ini juga terbuka bagi mahasiswa S2 yang belum selesai studi dengan ekspektasi akan menyelesaikan studinya sebelum 31 Juli 2018. Ijasah wajib disusulkan sebelum 3 September 2018. Beasiswa S3 International Studies memberi peningkatan beasaran beasiswa sebesar 50% kepada penerima ketika tinggal di luar Italia untuk keperluan yang berhubungan dengan studi.

Pelamar beasiswa diutamakan memiliki backgrund studi sebagai berikut: Ekonomi, Hukum, Ilmu Politik, Sosiologi, Hubungan Internasional, Filsafat, Humaniora, dan disiplin lain yang terkait dengan Hubungan Internasional.


Jadwal Seleksi

Deadline pendaftaran : 24 Mei 2018, 16:00 waktu Italia
Deadline letter by referee : 25 Mei 2018
Pengumuman lolos seleksi berkas dan jadwal interview diinformasikan via website maksimal 20 hari setelah pendaftaran.
Submit ijazah (apabila) susulan : Sebelum 3 September 2018
Mulai studi : 1 November 2018

Syarat Pendaftaran

  • Ijasah master (S2), diutamakan dengan studi di bidang Ekonomi, Hukum, Ilmu Politik, Sosiologi, Hubungan Internasional, Filsafat, Humaniora, dan disiplin lain yang terkait dengan Hubungan Internasional.
  • Pelamar yang belum memiliki ijasah S2 boleh apply dengan ekspektasi lulus pada sebelum 31 Juli 2018. Dalam kasus ini, pelamar akan berstatus ’conditional’ sampai melakukan submit ijasah sebelum 3 September 2018.
  • Kandidat yang lulusan luar negeri (luar Italia) dan belum memiliki surat penyetaraan ijasah dari Kementrian Pendidikan Italia harus submit formulir khusus penyetaraan yang ada (attached) di formulir pendaftaran.
  • Kandidat lulusan luar negeri (luar Italia) yang sudah memiliki surat penyetaraan ijasah dari Kementrian Pendidikan Italia harus menyertakan surat pernyatan tersebut dalam dokumen aplikasi yang diaupload.
  • Panitia seleksi akan mempublikasi secara online daftar no identitas aplikan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (tidak lolos).
  • Kandidat wajib mengupload dokumen secara lengkap untuk diseleksi. Panitia seleksi boleh meminta dokumen tambahan jika dibutuhkan sebelum proses seleksi dimulai.



Cara Mendaftar

» Proses pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online di http://www.unitn.it/en/apply/dott

» Username dan password diperlukan untuk login. Pelamar bisa melakukan registrasi akun di Website Universitas http://www.unitn.it/en/account

» Pelamar membayar biaya pendaftaran sebesar €15.00 via credit card.

» Pelamar dihumbau untuk memeriksa email untuk melihat apakah sudah menerima konfirmasi bahwa aplikasi telah berhasil disubmit.

» Aplikasi yang tidak berhasil disubmit, attachment dokumen yang missing, pembayaran yang gagal dan sebagainya tidak akan dianggap valid dan pelamar bisa tereksklusi dari proses seleksi.

» Setiap informasi submisi (upload) dokumen akan disertai dengan pemberitahuan dan permintaan persetujuan oleh kandidat.

» Beberapa dokumen yang wajib di-upload antara lain: dokumen ID, yaitu ID card (untuk warga Eropa) atau passport, dokumen akademik, curriculum vitae, proposal penelitian, statement of purpose (motivation letter), sertifikat bahasa Inggris (IELTS/Cambridge CAE/TOEFL IBT/PTE) dengan skor minimum yang ditentukan atau mengisi formulir deklarasi bagi yang berasal dari negara berbahasa Inggris.

» Pelamar diperbolehkan menyertakan dokumen tambahan seperti: daftar publikasi akademik, dokumen apapun yang menunjukkan skill kandidat, formulir yang diisi oleh referee.

Untuk informasi lebih lengkap tentang beasiswa ini, proses seleksi, skor minimum sertifikan bahasa Inggris, penilaian seleksi, dan sebagainya silahkan download dokumennya di sini.



Sumber informasi beasiswa