Beasiswa S1 ke Jepang untuk Lulusan SMA: Program 2019

Beasiswa S1 ke Jepang program GAKUBU (undergraduate) yang ditawarkan oleh Monbukagakusho/MEXT (Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknonogi Jepang) ini merupakan peluang besar bagi siswa-siswi Indonesia yang berminat melanjutkan studinya di universitas di negeri sakura.

Program GAKUBU adalah program beasiswa undergraduate (S1) yang diberikan secara penuh dan bukan ikatan dinas, artinya lulusan program ini nantinya mendapat gelar level S1 tanpa ikatan pada institusi pemerintah baik Jepang maupun Indonesia. Program beasiswa S1 ke Jepang ini sebenarnya ditawarkan untuk anak IPS dan IPA, bahkan jurusan bahasa di level SMA atau sederajat. Blog ini menyaring informasi untuk lulusan IPS saja.



Sebagaimana yang sudah disinggung di postingan lain, program GAKUBU menawarkan lulusan IPS SMA/sederajat di Indonesia untuk melanjutkan studi S1 dengan pilihan program studi sebagai berikut: Sosiologi, Politik, Pedagogi, Sastra, Sejarah, Bahasa Jepang, Ekonomi, Administrasi Bisnis, dan sebagainya.

Berikut ini saya paparkan informasi detail mengenai jadwal seleksi, fasilitas, persyaratan, pilihan bidang studi, dokumen yang diperlukan, tahap penyeleksian, dan cara mendaftar beasiswa S1 ke Jepang program GAKUBU 2019.

Jadwal Seleksi

Berikut jadwal seleksi beasiswa S1 ke Jepang program GAKUBU 2019

Fasilitas

  • Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan)
  • Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥117.000/bulan
  • Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang
  • Bebas biaya pengurusan visa pelajar
  • Tanpa ikatan dinas



Pilihan bidang studi

IPS-A:

  1. Hukum (Law)
  2. Politik (Politics)
  3. Pendidikan (Pedagogy)
  4. Sosiologi (Sociology)
  5. Sastra (Literature)
  6. Sejarah (History)
  7. Bahassa Jepang (Japanese language)
  8. Yang lain (others)

IPS-B:

  1. Ekonomi (Economics)
  2. Administrasi Bisnis (Business Administration)

beasiswa s1 ke jepang

Persyaratan

  • Lulusan SMA/SMK/sederajat
  • Usia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2019 (Pelamar yang lahir antara 2 April 1994 – 1 April 2002).
  • Nilai rata-rata Ujian Nasional murni minimal 84.
  • Bagi pelamar yang memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional kurang dari 84, tetap bisa mendaftar bila memiliki sertifikat Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N3.
  • Pelamar diutamakan bisa berbahasa Jepang minimal kemampuan dasar.
  • Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan klik di sini -PDF untuk menbaca

Dokumen yang diperlukan

  1. Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online, berisi nomor ujian pelamar (pelajari bagian Cara mendaftar poin 1-3).
  2. Formulir pendaftaran 2019 (download di sini)
    • Isi formulir dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang
    • Pasfoto berwarna
    • Ukuran 3,5 x 4,5 cm. Formal. Latar polos, warna latar bebas.
    • Diambil 6 bulan terakhir. Tempel pasfoto pada kotak foto yang tersedia pada setiap application form, bukan di-print atau fotokopi.
  1. Fotokopi SHUN (bagi lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya) / fotokopi SHUN sementara (bagi lulusan 2018).

Fotokopi SHUN/SHUN sementara harus dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.

(lihat ** catatan di bawah)*wajib*

  1. Fotokopi Ijazah (bagi lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya) / fotokopi Ijazah sementara (bagi lulusan 2018).

Fotokopi Ijazah/Ijazah Sementara harus dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.

(lihat ** catatan di bawah) *wajib*

**catatan

Bagi lulusan 2018, apabila sekolah Anda hanya mengeluarkan 1 buah surat saja (misal: Surat Keterangan Lulus saja), namun dalam surat tersebut sudah terdapat informasi yang menyebutkan bahwa siswa yang bersangkutan telah LULUS dan tercantum hasil nilai UN, maka cukup melampirkan fotokopi surat tersebut saja (tidak perlu dokumen poin 3 & 4).

Surat tersebut harus dilegalisasi/ cap basah asli oleh sekolah.

  1. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah atau guru (salah satu saja) di SMA/ SMK dan sederajat.

Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Format bebas atau gunakan form yang telah tersedia (download di sini -word). Surat rekomendasi harus dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.

  1. Fotokopi sertifikat/ hasil nilai JLPT* bagi yang sudah memiliki saja *



Tahap penyeleksian

Sistem penyeleksian yang digunakan adalah sistem gugur. Tahap penyeleksian beasiswa ini sebagai berikut:

Tahap Primary Screening

  1. Seleksi Dokumen.

Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar pada tanggal 14 Juni 2018. Bagi yang lulus seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.

  1. Ujian Tulis

Materi ujian tulis yaitu sebagai berikut: Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Jepang. Soal ujian matematika ditulis dalam bahasa Inggris.

Ujian diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar.

  1. Ujian Wawancara

Bagi yang lulus seleksi ujian tulis akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Biaya transportasi dan akomodasi tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang.

Tahap Secondary Screening

  1. Bagi yang lulus primary screening akan Kedutaan Besar Jepang rekomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini.
  2. Peserta yang lulus seleksi akhir (secondary screening) di Monbukagakusho/MEXT akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Januari 2019.



Cara mendaftar

  1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar. Pelamar melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui website berikut: http://register.beasiswamext.or.id/
  2. Khusus lulusan sebelum tahun 2017 yang mengikuti 6 mata pelajaran Ujian Nasional : Silakan pilih salah satu dari 3 mata pelajaran pilihan yang ada pada kolom “Mata Pelajaran Pilihan” di form registrasi online.
  3. Setelah melakukan registrasi online, Anda akan menerima e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dan harap menyimpan/mengingat “Nomor Ujian” yang Anda terima. Apabila dalam 5 menit Anda tidak menerima e-mail konfirmasi, silakan cek kotak spam pada e-mail Anda.
  4. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen dapat dilihat pada keterangan sebelumnya.
  5. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi dan disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas). Silakan tulis kode “Gakubu 2019” pada kanan atas amplop.
  6. Berkas dikirim atau diserahkan langsung ke:

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

  1. Penyeleksi beasiswa tidak menerima berkas yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.
  2. Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat:
    • 2 Mei 2018 bagi pelamar Tahap I
    • 25 Mei 2018 bagi pelamar Tahap II
  1. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima tidak melewati batas waktu yang akan diproses. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Apabila ada pertanyaan terkait beasiswa S1 ke Jepang ini silahkan kontak email beasiswa@dj.mofa.go.jp

Sumber informasi beasiswa