Beasiswa S1: Daftar Lengkap Untuk Kuliah Gratis

Kuliah di perguruan tinggi adalah impian banyak murid. Akan tetapi di Indonesia sendiri banyak siswa lulusan SMA atau sederajat yang tidak bisa melanjutkan studi di bangku kuliah karena kendala biaya.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap

Memang banyak pilihan yang bisa dilakukan setelah lulus sekolah, seperti buka usaha atau kerja. Namun melihat masa depan yang semakin kompetitif, pengalaman menikmati pendidikan tinggi menjadi makin penting. Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,  tidak perlu takut dan minder soal biaya sebelum mencoba apply beasiswa. Sekarang ini banyak beasiswa S1 yang ditawarkan oleh pemerintah atau swasta. Misalnya saja beberapa contoh beasiswa untuk jenjang S1 berikut ini:

  • Beasiswa Unggulan

Pilihan pertama beasiswa S1 yang dapat dipilih adalah beasiswa Unggulan untuk jenjang S1. Beasiswa Unggulan ini merupakan salah satu pilihan yang sudah tidak asing lagi dan diberikan oleh kementerian pendidikan. Jenis beasiswa ini diberikan oleh lulusan SLTA yang biasanya dapat diikuti mulai awal tahun. Sehingga kamu bisa untuk mengikuti dan mencoba untuk mendapatkan beasiswa ini yang mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan. Mulai dari bisa kuliah di dalam ataupun ke luar negeri hingga juga tanggungan biaya lainnya.

  • Beasiswa Bidik Misi

Jenis beasiswa S1 yang bisa kamu ambil selanjutnya adalah Bidik Misi yang selain diperuntukan untuk orang yang mempunyai prestasi bagus semasa sekolah juga dikhususkan untuk murid yang berasal dari keluarga tidak mampu. Jenis ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin kuliah tetapi tidak mempunyai biaya karena beasiswa Bidik Misi akan menutup berbagai biaya yang diperlukan selama kuliah. Mulai dari uang masuk pertama kali, mendapatkan uang bulanan, dan juga pengeluaran lainnya tergantung dari jurusan masing-masing. Beasiswa Bidikmiisi ini akan sangat menguntungkan untuk murid yang berasal dari keluarga kurang mampu tetapi mempunyai keinginan kuat dan juga nilai yang bagus untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Beasiswa D3: Info Lengkap & Cara Memperolehnya

  • Beasiswa Etos

Pilihan jenis beasiswa lainnya yang bisa dipilih untuk kuliah S1 adalah beasiswa etos. Jenis beasiswa S1 ini hanya bisa didapatkan oleh mahasiswa yang sudah diterima oleh perguruan tinggi negeri saja. Selain itu jenis ini juga dikhususkan untuk mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu seperti pada beasiswa bidik misi. Beasiswa ini juga menyediakan manfaat lainnya untuk para penerimanya seperti development building, asrama khusus, uang saku, dan juga biaya pendidikan sehingga akan sangat membantu selama masa pendidikan di kampus.

  • Beasiswa Djarum

Pilihan beasiswa selanjutnya adalah yang diberikan oleh salah satu perusahaan terbesar yang ada di Indonesia yaitu Djarum. Beasiswa ini diberikan oleh mahasiswa yang pada umumnya bisa diajukan untuk mahasiswa semester IV. Adapun beasiswa ini juga tidak diberikan kepada semua kampus tetapi melainkan beberapa kampus yang telah menjadi mitra Djarum saja. Sehingga untuk mengajukan beasiswa dari Djarum maka kamu harus mengecek terlebih dahulu kampus kamu termasuk dalam mitra yang memberikan jenis beasiswa ini atau tidak.

beasiswa s1
  • Beasiswa OTS

Selain kuliah di dalam negeri pasti juga banyak orang yang ingin belajar di luar negeri. Salah satu jenis beasiswa yang bisa kamu pilih adalah beasiswa OTS yang merupakan beasiswa untuk kuliah di Belanda. OTS adalah Orange Tulip Scholarshiop yang merupakan jenis beasiswa untuk lulusan SLTA. Sehingga tidak hanya menawarkan beasiswa pascasarjana, tetapi bagi yang ingin langsung melanjutkan studi S1 di Belanda bisa untuk mencoba mendaftar jenis beasiswa OTS.

  • Beasiswa Kemenag

Beasiswa yang bisa dipilih selanjutnya adalah yang diberikan oleh Kemenag atau Kementerian Agama. Jenis beasiswa yang satu ini khusus diperuntukkan siswa yang berasal dari lulusan Madrasah Aliyah Negeri atau Madrasah Aliyah Swasta. Beasiswa Kemenag ini diberikan untuk siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke kampus luar negeri dan akan mempunyai banyak jenis biaya yang diberikan. Mulai dari akan mendapatkan biaya untuk transportasi pp, visa, hingga asuransi kesehatan. Sehingga pelamar hanya perlu menjadi kampus yang dapat menanggung biaya kuliahnya saja.

  • Beasiswa BCA Finance

Dan jenis beasiswa S1 terakhir yang bisa dipilih untuk kamu yang ingin dapat menghemat biaya bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali selama masa kuliah adalah BCA Finance. Beasiswa ini tentunya diberikan oleh BCA yang terbuka untuk mahasiswa di seluruh Indonesia baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Jenis beasiswa ini sendiri diberikan untuk mahasiswa semester II atau lebih dan akan diberikan dana dengan nominal tertentu selama satu semester tersebut.

Beasiswa Kuliah di Indonesia