Beasiswa Penuh S1: Daftar & Info Lengkap

Beasiswa penuh adalah beasiswa yang meng-cover semua biaya yang kamu butuhkan untuk kuliah, tentunya termasuk biaya hidup. Sudah bukan saatnya lagi menggantungkan diri sepenuhnya pada biaya sendiri untuk studi. Apalagi menggunakan biaya orang tua. Memiliki pekerjaan lepas diwaktu senggang bisa menjadi solusi, namun masih ada solusi lain yang lebih tepat yaitu dengan mencari beasiswa penuh untuk membiayai kuliah.

Beasiswa S1: Daftar Lengkap Untuk Kuliah Gratis

Beasiswa penuh dari beberapa sumber yang akan dijelaskan ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang kesulitan membiayai kuliah. Kini ada banyak program baik dari pemerintah, perusahaan swasta, perbankan hingga yayasan sosial yang memberikan full schoolarship bagi mahasiswa berprestasi yang memiliki keterbatasan ekonomi. Dengan mengakses salah satu beasiswa tersebut, kamu bisa memiliki sumber pembiayaan kuliah sehingga tak perlu lagi meminta kepada orang tua hingga kelulusan nanti. Akan tetapi sebuah beasiswa juga perlu dibayar dengan cara memiliki prestasi yang baik selama beasiswa tersebut di terima. Untuk mendapatkannya pun kamu juga perlu memiliki IPK di atas 3.0 karena digunakan sebagai persyaratan diberikannya beasiswa pada mahasiswa di semester 2 atau lebih.

Bagi kamu yang ingin memiliki pembiayaan untuk kuliah, berikut ini adalah beberapa sumber beasiswa penuh yang bisa kamu ajukan:

Bidikmisi

Merupakan program beasiswa yang diberikan selama 6 semester untuk jenjang pendidikan D3 dan selama 8 semester untuk jenjang pendidikan S1. Bidikmisi merupakan beasiswa dari pemerintah yang disampaikan melalui dikti. Bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa, sebaiknya segera mengajukan permohonan beasiswa di semester 2 perkuliahan. Pelajar SMA atau SMK yang berprestasi juga bisa mengajukan beasiswa ini untuk mendapatkan kesempatan pembiayaan penuh dari awal kuliah.

Selain biaya kuliah yang langsung dibayarkan ke universitas, Kamu juga nantinya akan mendapatkan uang saku serta uang tunjangan buku untuk meringankan beban keuangan selama menempuh pendidikan. Persyaratan untuk beasiswa ini adalah prestasi yang baik dengan IPK untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri di atas 3.0 dan 3.2 untuk mahasiswa perguruan tinggi swasta.

Beasiswa S2 Luar Negeri: Tips & Trik Mudah

BFI Finance

Bagi kamu yang mengambil jurusan ekonomi, beasiswa dari BFI Finance ini bisa menjadi solusi keuangan kamu. BFI Finance memiliki program beasiswa hingga semester 9 dan uang tunjangan untuk menyelesaikan tugas akhir. Selain uang biaya kuliah, kamu juga akan mendapatkan uang saku dan uang tunjangan buku yang diberikan setiap bulan.

Kelebihan lain dari beasiswa BFI Finance adalah kesempatan bekerja setelah lulus di salah satu cabang perusahaan BFI Finance di Indonesia.

Beasiswa Sampoerna Foundation

Sampoerna Foundation memiliki program beasiswa penuh yang diberikan selama 4 tahun masa perkuliahan. Beasiswa ini diberikan pada mereka yang memiliki prestasi akademik baik dari tingkat SMA dan SMK atau saat berada di semester awal perkuliahan. Selain uang untuk biaya kuliah, Kamu juga masih akan mendapatkan uang tunjangan buku dan internet serta uang saku.

Yayasan Orbit Hasri Ainun Habibie

Yayasan Orbit memiliki dua buah program beasiswa untuk mahasiswa dimana salah satunya adalah beasiswa yang diberikan hingga selesai masa kuliah. Beasiswa meliputi uang kuliah tiap semesternya, uang saku per bulan, uang tunjangan buku dan juga uang tunjangan kos bagi mahasiswa yang menempuh kuliah di luar alamat keluarga.

Beasiswa Champion

Beasiswa champion adalah beasiswa yang diberikan oleh Tanoto Foundation. Ada beberapa macam program beasiswa yang diberikan salah satunya adalah program beasiswa national champion schoolarship dimana penerima beasiswa tidak terikat hubungan kerjasama selepas kelulusan. Sedangkan program yang lain adalah beasiswa regional dimana penerimanya memiliki keterikatan dengan pemilik yayasan.

BCA Finance

Sebagai bank nasional yang besar di tanah air, BCA memiliki program beasiswa yang diberikan hingga semester akhir. Beasiswa berupa uang tunai setiap semester yang dikirimkan dalam bentuk tabungan atas nama penerima beasiswa. Selain uang kuliah, masih ada tambahan uang saku selama mengikuti pendidikan.

PT Astra

Pelajar SMA atau SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 dengan jurusan tehnik, bisa mengajukan beasiswa dari PT Astra. PT Astra memberikan beasiswa hingga kelulusan dan kesempatan untuk magang di cabang perusahaan PT Astra yang tersebar di berbagai provinsi.

beasiswa penuh

Banyak bukan program beasiswa penuh yang bisa menjadi solusi masalah keuangan kamu dan keluarga? Dengan memiliki beasiswa dari salah satu sumber di atas, Kamu tak perlu pusing lagi untuk memenuhi biaya kuliah. Hal ini juga akan meringankan kewajiban orang tua sehingga bisa lebih fokus untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting dalam keluarga.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap