Beasiswa Magister: Tips & Trik Hunting

Beasiswa Magister kini makin dimininati. Kebutuhan untuk memperoleh jenjang pendidikan setingkat master di Indonesia makin meningkat. Tentu saja kebutuhan itu tidak bebas kendala. Umumnya, kendala finansial menghalangi. Namun bagi kamu yang ingin melanjutkannya tidak perlu merasa bimbang, karena sekarang ini sudah tersedia beasiswa Magister yang bisa didapatkan dengan mudah dari berbagai sumber. Ada beberapa universitas yang menawarkannya, ada pula beberapa perusahaan yang juga menawarkan program beasiswa Magister agar mereka dapat menikmati hasilnya ketika kamu sudah lulus, dan lain sebagainya.

Beasiswa S2 Luar Negeri: Tips & Trik Mudah

Namun, mendapatkannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tentunya kamu akan dituntut untuk bisa mencetak nilai yang bagus selama berkuliah dan menciptakan berbagai prestasi. Selain itu, pastinya ada berapa syarat yang juga dituntut oleh pemberi beasiswa tersebut, misalnya kamu harus mengajar ketika sudah tamat kuliah, harus bekerja atau mengabdi pada perusahaan tersebut, dan lain sebagainya. Beasiswa Magister  tersebut bisa kamu dapatkan jika sudah mengetahui berbagai tips jitu yang sangat baik untuk diterapkan demi mendapatkan pembiayaan pendidikan tersebut, yakni sebagai berikut:

  • IELTS

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri, maka memiliki sertifikat berbahasa Inggris seperti TOEFL dan juga IELTS merupakan hal yang sangat penting dan mendasar yang harus dimiliki. Pastikan jika kamu mengambil tes IELTS akademik sebelum mengajukan beasiswa yang diinginkan, tentunya kamu harus mengeluarkan kocek yang cukup besar. Namun dengan tes ini, maka kamu bisa saja diterima di universitas bergengsi di berbagai negara seperti Amerika, Australia, Eropa, dan lain sebagainya. Pastikan juga jika skor dari IELTS kamu tinggi dan membanggakan.

  • Program Studi

Selanjutnya, kamu juga harus dibekali dengan informasi lengkap mengenai program studi atau jurusan yang diinginkan. Kamu harus mempelajarinya secara benar, misalnya mata kuliah apa saja yang nantinya bisa diambil atau dipelajari, tersedianya ekstrakurikuler yang mendukung, sampai dengan dosen yang mengajar pada universitas tersebut. Hal ini sangat membantu kamu dalam interview yang dilakukan agar bisa mendapatkan beasiswa dengan sempurna. Pastikan juga jika program studi tersebut sesuai dengan jurusan kamu yang sebelumnya mau pun pekerjaan yang sedang atau akan dilakukan nantinya untuk mempermudah mendapatkannya.

  • Membuat Timeline

Menjadi orang yang terstruktur memang terkadang memberikan nilai tambah tersendiri bagi diri sendiri dan juga untuk mendapatkan beasiswa magister. Buatlah seperti timeline atau perencanaan waktu agar tidak ada suatu hal pun yang sampai terlewatkan. Buat jadwal seperti kapan harus melakukan tes IELTS, melamar pada jurusan atau program studi dari kampus yang diincar, serta kapan harus melamar beasiswa tersebut. Pastikan untuk melakukannya agar segala hal menjadi terasa lebih mudah, cepat dan terstruktur.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

  • Surat Referensi

Ketika kamu akan melamar beasiswa yang diberikan oleh beberapa lembaga, baik untuk luar negeri mau pun dalam negeri, maka kehadiran dari adanya surat referensi sangatlah penting untuk kamu. Dengan adanya surat rekomendasi tersebut, maka bisa saja kamu mendapatkan beasiswa yang diinginkan tanpa harus menjalani tes yang begitu sulit dan juga tidak perlu lagi melakukan interview. Tentunya hal ini sangat mempermudah dan membuat beasiswa lebih cepat didapatkan. Surat referensi tersebut bisa kamu dapatkan dari kampus terdahulu yang berisikan bahwa nilai kamu memuaskan dalam akademik dan lain-lain.

  • Mentor

Berusaha dan mengandalkan diri sendiri memang sangat dianjurkan, namun ada kalanya dimana kita sangat membutuhkan bantuan dan juga motivasi dari orang lain agar dapat melewati atau menuntaskan suatu masalah. Sama halnya dengan mendapatkan beasiswa, kamu tentunya harus memiliki mentor, yang dimana merupakan seorang alumni agar dapat membagikan tips bagaimana bisa mendapatkan beasiswa dan bagaimana bisa mencapai sukses dengan baik. Tentunya kamu bisa bercerita mengenai kesulitan yang dihadapi dan juga mungkin mampu melancarkan dalam mendapatkan beasiswa tersebut.

beasiswa magister

Itulah beberapa cara-cara untuk mendapatkan beasiswa yang sangat dianjurkan untuk diterapkan agar pendidikan tinggi bisa dilakukan secara lebih mudah dan juga cepat. Tentunya biaya bukan lagi menjadi penghalang bagi kamu yang ingin memperoleh pendidikan tinggi karena sekarang ini sudah ada begitu banyak cara jitu yang bisa dilakukan untuk memperoleh beasiswa magister serta sudah begitu banyak lembaga yang ingin memberikan bantuan finansial tersebut. Tentunya kamu bisa mengetahui informasi-informasi mengenai beasiswa lebih lanjut dengan mengunjungi universitas yang diinginkan atau mengunjungi situs perusahaan yang memberikan fasilitas tersebut.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap