Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap

Beasiswa kuliah di luar negeri yang ditulis di sini merupakan beasiswa studi yang ditawarkan oleh pemerintah negara tujuan studi kepada mahasiswa dari Indonesia dan pendaftarannya dibuka tiap tahun. Beberapa negara telah menjalin kerjasama bilateral dengan Indonesia di bidang pendidikan. Kerjasama tersebut umumnya berupa pemberian beasiswa penuh.

Hal ini tentu membuka peluang bagi warga Indonesia yang sedang mencari beasiswa kuliah di luar negeri. Beasiswa dari pemerintah negara tujuan studi bisa menjadi alternatif atau tujuan utama para mencari beasiswa. Beasiswa kuliah di luar negeri yang ditawarkan kadang tak sampai ke telinga kita, entah saking banyaknya yang beredar atau fokus kita, para pencari beasiswa yang hanya pada program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah sendiri.



Postingan blog ini merilis daftar beasiswa kuliah ke luar negeri yang ditawarkan oleh negara tempat tujuan studi. Hanya beberapa negara saja yang ditulis. Di luar itu, ada lebih banyak lagi.

Sebenarnya, peluang mendapatkan beasiswa dari pemerintah setempat sama dengan peluang pengajuan beasiswa lainnya. Kelebihannya adalah beasiswa dari pemerintah negara tujuan studi biasanya didahului oleh kerjasama bilateral antar kedua negara.

Pelamar musti jeli melihat faktor ini sebagai strategi dalam proses seleksi. Misalnya, Indonesia dan Jerman melakukan penguatan kerjasama bidang pendidikan dengan orientasi memproduksi lebih banyak jumlah sarjana yang memiliki basic ilmu sosial. Maka program studi yang berkaitan dengan ilmu sosial akan menjadi prioritas.

Mendapat beasiswa kuliah di luar negeri memang menjadi impian banyak orang. Membaca daftar beasiswa studi di bawah ini bisa menjadi langkah awal untuk menyusun strategi ke depan dalam rangka menjemput impian. Berikut daftarnya:

beasiswa kuliah di luar negeri

Daftar beberapa beasiswa kuliah di luar negeri

Monbukagakusho, Jepang

Beasiswa Monbukagakusho merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang (MEXT) kepada mahasiswa internasional melalui kementrian pendidikan, kebudayaan, olah raga, sains dan teknologi. Beasiswa ini telah dikembangkan sejak 1954. Hingga saat ini, pemerintah Jepang menargetkan lebih dari 300.000 mahasiswa internasional melanjutkan pendidikan tinggi di Jepang.

Tipe beasiswa Monbukagakusho sangat beragam. Jenis beasiswa yang biasa ditawarkan ke mahasiswa Indonesia adalah beasiswa dalam bentuk studi tingkat S1 dan S2. Ada pula beasiswa sekolah spesialis yang mengorientasikan lulusannya untuk siap kerja di dunia industri teknologi. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh. Periode pendaftaran dibuka tiap tahun, biasanya sebelum pertengahan Mei. Proses pengajuan aplikasi dan seleksi awal dilakukan melalui kedutaan besar Jepang di Indonesia.


DAAD, Jerman

DAAD merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jerman kepada mahasiswa internasional terutama dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Beasiswa ini memiliki beberapa program yang ditawarkan meliputi berbagai jenjang level pendidikan tinggi. Pengajuan beasiswa tingkat S1 biasanya tidak bisa dilakukan secara individual, melainkan melalui kampus atau organisasi di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan DAAD. Sedangkan beasiswa level pendidikan master ke atas bisa.

Beasiswa DAAD untuk jenjang pendidikan S2 dan yang lebih tinggi termasuk riset post-doktoral diberikan secara penuh. Umumnya, beasiswa ditawarkan kepada mahasiswa Indonesia sepaket dengan program studi atau tema riset yang spesifik. Tema tersebut bisa berkembang tiap tahun. Proses pengajuan aplikasi beasiswa ini seluruhnya diselenggarakan secara online.

Chevening, Inggris

Chevening adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Inggris untuk studi level master (S2) selama setahun di Inggris. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh. Pelamar memiliki kebebasan untuk memilih bidang studi apa yang diminati dan studi di universitas mana di Inggris. Program beasiswa Chevening memberi peluang kepada mahasiswa dari Indonesia untuk mengembangkan kemampuan yang secara profesional dan akademik mumpuni, mengembangkan jejaring global dan membangun relasi jangka panjang dengan negara Inggris.

Program Chevening dibuka tiap tahun, biasanya pada kisaran Agustus sampai Desember untuk masa studi tahun berikutnya. Kriteria pelamar bisa dibilang persis seperti beasiswa pada umumnya, yaitu sertifikat bahasa Inggris, ijasah pendidikan sebelumnya, surat rekomendasi, dan pengalaman kerja 2 tahun. Apabila pelamar lolos seleksi berkas, interview akan menjadi tahap terakhir dari proses seleksi. Semua proses seleksi dilakukan secara online.

Fulbright, Amerika Serikat

Fulbright adalah program beasiswa studi di Amerika untuk mahasiswa internasional yang ditawarkan tiap tahun, termasuk kepada mahasiswa dari Indonesia. Program Fulbright yang ditawarkan ke mahasiswa Indonesia biasanya berupa pemberian beasiswa penuh atau pertukaran mahasiswa. Mayoritas pelamar beasiswa fulbright adalah mereka yang berencana studi tingkat master (S2) di universitas di Amerika.

Proses seleksi program beasiswa ini biasanya dibuka sampai sebelum pertengahan Februari. Di Indonesia, lembaga yang menyelenggarakan seleksi beasiswa ini adalah AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation), berkantor di Jakarta. Seleksi berkas menggunakan hard copy yang dikirim via post ke AMINEF.


Erasmus, Eropa

Beasiswa Erasmus Mundus atau biasa disebut secara singkat Erasmus merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh European Union (EU) untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi melalui pemberian bea studi dan kolaborasi kerjasama akademis antara EU dan negara-negara di dunia termasuk Indonesia.

Tawaran beasiswa Erasmus kepada mahasiswa Indonesia biasanya berupa program studi atau courses, baik pada level master atau yang lebih tinggi di beberapa universitas di Eropa yang memiliki joint programmes dengan Erasmus Mundus. Beasiswa diberikan secara penuh kepada penerima yang lolos seleksi. Deadline aplikasi biasanya pada kisaran Januari tiap tahun.

Swedish Institute, Swedia

Swedish Institute merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Swedia kepada mahasiswa internasional untuk studi jenjang master di universitas di Swedia. Pelamar bebas memilih universitas mana di Swedia beserta program studi apa yang diminati. Proses pendaftaran biasanya ditutup pada pertengahan Februari untuk periode studi di tahun yang sama.

Prosedur pengajuan beasiswa ini dilakukan secara online. Pelamar memilih program studi dan universitas di Swedia yang diminati. Setelah itu, mengajukan beasiswa studi SI. Pengumunan seleksi dari universitas akan diikuti oleh pengumuman dari SI beberapa hari kemudian. Pada tahun 2015 beasiswa SI sempat ditiadakan, namun dibuka kembali ditahun berikutnya diikuti oleh penguatan kerjasama pendidikan antara kemenristekdikti dengan kementrian pendidikan tinggi Swedia.

Australia Awards, Australia

Australia Awards atau disingkat AAS merupakan program beasiswa internasional yang ditawarkan oleh pemerintah Australia. Kerjasama antara pemerintah Australia dan Indonesia diorientasikan untuk menciptakan pemimpin Indonesia masa depan melalui pemberian peluang studi, riset dan pendidikan profesional. Penyelenggaraan AAS di Indonesia dilakukan oleh Coffey, perusahaan Tetra Teknologi di bawah pengawasan pemerintah Australia.

Pengajuan aplikasi beasiswa AAS biasanya dibuka pada kisaran Februari untuk periode studi di tahun yang sama. Proses pengajuan dokumen dilakukan secara online melalui OASIS, layanan aplikasi online untuk penyeleksian dokumen pelamar AAS. Lewat OASIS pelamar juga memilih di universitas mana di Australia dan program studi apa yang diminati.


StuNed, Belanda

StuNed adalah program beasiswa studi di Belanda, dalam bentuk kuliah singkat atau program studi jenjang master (S2). Beasiswa StuNed yang ditawarkan ke mahasiswa indonesia bertujuan untuk membantu pembangunan Indonesian melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia. StuNed merupakan beasiswa penuh yang dibuka pendaftarannya tiap tahun.

Penyelenggaraan seleksi beasiswa StuNed di Indonesia dilakukan oleh Neso Indonesia. Program studi jenjang master di Belanda berlangsung setahun atau dua tahun tergantung kebijakan masing-masing universitas. Pengajuan beasiswa ini dilakukan setelah pelamar diterima di universitas di Belanda yang dibuktikan dengan Letter of Acceptance. Deadline pengajuan beasiswa biasanya pada kisaran Maret untuk mulai studi pada awal September di tahun yang sama.