Beasiswa Kuliah di Indonesia: Info Lengkap

Pendidikan merupakan modal yang sangat penting untuk hidup dan menghidupi banyak orang. Pendidikan tinggi menjadi sarana meningkatkan skill, pengetahuan dan mobilitas sosial. Akan tetapi di Indonesia, menempuh pendidikan tinggi bukan soal mudah. Ada saja kendala yang dihadapi banyak orang, termasuk perkara finansial. Tak jarang para mahasiswa atau siswa berprestasi justru harus berhenti belajar karena faktor uang. Biaya masuk universitas dan biaya semester kuliah masih terlalu besar bagi banyak masyarakat. Kalau kamu dalam kondisi sulit finansial, sebenanrnya, tak perlu khawatir karena beredar cukup banyak beasiswa kuliah yang bisa kamu ajukan untuk mendapatkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Beasiswa D3: Info Lengkap

Pentingnya pendidikan untuk kehidupan, membuat banyak pihak bahu-membahu memberikan bantuan terutama bagi mereka pelajar dan mahasiswa berprestasi dengan kondisi keluarga kurang mampu. Berikut ini adalah beberapa contoh pilihan beasiswa kuliah yang bisa kamu ajukan untuk membantu melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan:

Beasiswa Dikti

Merupakan jenis beasiswa kuliah yang disponsori oleh pemerintah. Ada beberapa kategori lagi dari beasiswa Dikti ini dimana salah satunya adalah beasiswa yang diberikan pada kamu pelajar SMA yang berprestasi untuk masuk ke jenjang perkuliahan. Dengan prestasi yang dimiliki kamu bisa mengajukan beasiswa bahkan sejak masih duduk di bangku sekolah atas. Untuk kamu yang sudah berstatus sebagai mahasiswa semester 1 dan 2, dengan bukti prestasi selama tahun pertama di kuliah bisa mengajukan beasiswa Dikti untuk mendapatkan beasiswa berupa dana tunai selama 2 semester penuh.

Bidikmisi

Masih dari pemerintah, beasiswa kuliah Bidikmisi juga merupakan salah satu jenis beasiswa yang diberikan melalui Dikti. Beasiswa ini lebih penuh karena dapat memberikan bantuan dana selama 6 semester untuk jenjang D3 dan 8 semester untuk jenjang pendidikan S1. Untuk beasiswa Bidikmisi, Kamu akan mendapatkan dana bukan hanya untuk kepentingan membayar uang perkuliahan namun juga meliputi uang saku, uang kos dan tunjangan buku. Untuk proses pencairannya, dana yang digunakan untuk pembayaran biaya kuliah akan langsung dibayarkan ke universitas sedangkan untuk biaya tunjangan pribadi akan langsung diberikan untuk mahasiswa yang bersangkutan.

beasiswa kuliah

Beasiswa dari perusahaan

Selain dari pemerintah melalui berbagai lembaga pendidikannya, perusahaan swasta juga memiliki program khusus nonprofit untuk membantu para mahasiswa dan calon mahasiswa yang mengalami masalah kesulitan biaya. Bagi kamu yang memiliki masalah biaya untuk masuk kuliah ataupun meneruskan kuliah, tak ada salahnya mencoba mengajukan program beasiswa dari salah satu perusahaan besar seperti berikut ini:

  • PT. Djarum

Sudah puluhan tahun PT Djarum memiliki program beasiswa dari Djarum Fondation untuk membantu anak Indonesia yang putus sekolah mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perkuliahan. Kamu bisa mengajukan beasiswa dengan masuk di kategori pelajar kurang mampu ataupun pelajar berprestasi. Bukan hanya dari segi akademik, PT Djarum juga menerima pelajar dengan prestasi non akademik seperti seni, olahraga dan prestasi membanggakan lainnya.

  • PT Astra

PT Astra juga merupakan salah satu perusahaan besar yang memiliki program beasiswa untuk mahasiswa. Terdapat dua macam beasiswa yang ditawarkan oleh PT Astra yaitu beasiswa S1 untuk mahasiswa di pulau Jawa dengan pemberian uang tunai sebesar Rp. 5 juta dengan berbagai pelatihan untuk mengembangkan jaringan. Beasiswa kedua adalah beasiswa untuk mereka yang telah memasuki tugas akhir dengan bantuan dana Rp. 250 ribu perbulan untuk disertasi dan pelatihan.

Beasiswa Universitas: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

Beasiswa Perbankan

Bukan hanya perusahaan besar saja, namun dunia perbankan juga memperhatikan pendidikan masyarakat Indonesia dengan banyaknya bank nasional yang memberikan program beasiswa pada karyawan, keluarga karyawan hingga masyarakat umum. Berikut ini adalah beberapa bank yang memiliki program beasiswa untuk jenjang perkuliahan:

  • BCA

Merupakan bank nasional besar yang memiliki banyak karyawan dan nasabah di Indonesia. BCA memiliki program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa semester dua perkuliahan. Uang tunai sebesar Rp. 3 juta setiap semesternya diberikan untuk mereka mahasiswa yang memiliki IPK minimal 3.0 untuk PTN dan minimal 3.40 untuk PTS dan aktif berorganisasi.

  • BFI

BFI finance memberikan mahasiswa kepada mahasiswa semester 4 hingga 8 di PTN atau PTS. Beasiswa yang diberikan oleh BFI juga memungkinkan lulusannya untuk melamar di perusahaan tersebut setelah mendapatkan gelar akademik.

Banyaknya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan keringanan biaya guna menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tak perlu ragu untuk mencari tahu informasi detail mengenai persyaratan yang dibutuhkan melalui media cetak, elektronik ataupun langsung datang ke pihak universitas, lembaga dan perusahaan yang mengeluarkan beasiswa.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap