Beasiswa Jerman: Daftar & Info Lengkap

Jerman merupakan salah satu negara yang cukup diminati oleh pelajar Indonesia untuk studi. Hal ini secara langsung dapat dilihat dari data bahwa setiap tahunnya mengalami peningkatan secara signifikan. Jika kamu berkeinginan mendapatkan beasiswa Jerman, perlu mengulik info yang dipaparkan dalam artikel ini.

Beasiswa S2 Luar Negeri: Tips & Trik Mudah

Studi di Jerman sebenarnya gratis, namun biaya hidup si sana seperti kebanyakan negara Eropa barat, cukup mahal. Tapi kalau kamu punya prestasi yang bagus dan keinginan kuat untuk dapat kuliah di Jerman, perlu coba apply beasiswa yang disediakan. Nah, bagi kamu yang juga mempunyai niatan demikian bisa mengulik informasi beasiswa Jerman berikut ini:

  • Erasmus Plus

Ini merupakan salah satu jenis beasiswa yang bisa kamu gunakan untuk dapat melanjutkan perjalanan belajar ke negara Jerman tanpa perlu biaya yang banyak. Dana yang diperoleh untuk program yang satu ini dari European Commissions. Subsidi yang diberikan memang untuk program pengembangan pendidikan, pelatihan, pemuda dan juga olahraga. Jangan khawatir, sebelumnya sudah ada banyak sekali mahasiswa Indonesia yang berhasil melanjutkan sekolah dengan jalur beasiswa ini.

beasiswa jerman
  • DAAD Scholarships

Jika memang pilihan diatas belum tertarik, kamu bisa mencoba jenis yang satu ini meskipun secara umum tidak jauh berbeda. Penyediaan dana ini dari Deutscher Akademicscher Austauschdienst Academic Exchange Service atau lebih dikenal dengan DAAD. Berbagai program dan jurusan bisa kamu pilih dalam jalur beasiswa yang satu ini. Jika tertarik dan ingin langsung apply, ada baiknya cek terlebih dahulu melalui online.

Dua pilihan yang telah dijelaskan diatas merupakan jenis beasiswa Jerman yang berasal dari pemerintah setempat. Meskipun begitu kamu sebagai salah satu pelajar Internasional dari Indonesia tidak perlu khawatir. Karena pada dasarnya mempunyai kesempatan yang sama, terbukti sudah ada beberapa pelajar sebelumnya yang berhasil masuk dan menempuh sekolah melalui jalur tersebut. Lalu, apakah beasiswa hanya datang dari pemerintah Jerman? Salah, ada beberapa yang memang bisa kamu manfaatkan dari non pemerintah seperti:

  • Deutschland Stipendium

Bagi kamu yang merasa mempunyai prestasi baik dan memenuhi persyaratan dalam kriteria beasiswa Jerman ini bisa mengikuti. Ini merupakan salah satu jenis yang dapat kamu manfaatkan untuk melanjutkan sekolah di Jerman. Memang ada beberapa persyaratan yang sebelumnya harus kamu pahami terlebih dahulu. Informasi lebih lanjut mengenai program, skema ataupun lainnya bisa cek melalui website.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

  • Heinrich Boll Scholarships

Pilihan yang kedua masih ada lain, ini merupakan salah satu jenis beasiswa Jerman yang disediakan langsung oleh Heinrich Boll Foundation. Pada setiap tahunnya selalu memberikan beberapa kesempatan untuk para pelajar yang ingin langsung melanjutkan studinya. Jangan takut ketinggalan, umumnya beasiswa yang diberikan ini bisa kamu dapatkan dalam 2 gelombang sekaligus.

  • Kurt Hansen Science Scholarships

Pertimbangan lain bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke Jerman bisa langsung apply jenis beasiswa yang satu ini. Jangan khawatir mengenai jenisnya, karena banyak sekali pendanaan yang diberikan seperti proyek, magang, pelatihan, tenaga sains, dan masih banyak lagi lainnya. Informasi lebih lengkap bisa kamu akses secara langsung dan mudah melalui internet yaitu laman resmi lembaga tersebut.

  • KAAD Scholarship

Lalu ada institusi yang menggunakan basis agama Katolik, ini menawarkan kesempatan beasiswa yang cukup memberikan keringanan baik untuk sekolah s2 ataupun s3. Tentu saja ada beberapa persyaratan khusus untuk dapat menggunakan jenis beasiswa yang satu ini. Jika tertarik dan ingin mendapatkan langsung jangan pernah ketinggalan dengan informasi terbarunya. Banyak sudah dimuat melalui website resmi, selalu update supaya tidak ketinggalan.

Nah, itulah beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan kesempatan kuliah di negara Jerman. Meskipun banyak sekali pilihan, tetapi tetap ada persyaratan dan seleksi yang cukup ketat. Nah, jika memang kamu sebagai salah satu orang yang mempunyai niatan besar bisa masuk jangan pernah sembarangan. Mulai dari jauh-jauh hari sebelum dibuka pendaftaran biasakan lebih aktif mencari informasi, persyaratan apa saja yang keperluan apa saja yang harus disediakan untuk mengikuti seleksi beasiswa jerman yang kamu pilih.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap