Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

Beasiswa Inggris yang bisa dilamar oleh mahasiswa asal Indonesia sebenarnya bermacam-macam. Chevening Scholarship tentu saja salah satu yang paling populer. Tapi selain Chevening ada beberapa pilihan lain yang bisa dijadikan target kamu untuk kuliah di Inggris.



Postingan ini akan menampilkan daftar beasiswa studi di Inggris yang bisa dilamar jika kamu adalah warga negara Indonesia. Daftar beasiswa Inggris ditawarkan untuk beragam level pendidikan dari S1 sampai S3. Saya akan merilis daftar beasiswa Inggris yang bisa kamu apply jika berminat dan memenuhi syarat tentunya.

Daftar beasiswa Inggris

Chevening Scholarship

Chevening merupakan beasiswa Inggris yang paling populer. Beasiswa ini diberikan pada mereka yang ingin kuliah S2 di Inggris. Beasiswa chevening dikelola secara langsung oleh pemerintah Inggris. Salah satu alasan mengapa beasiswa ini begitu populer adalah karena selain diberikan secara penuh, pelamar bebas memilih bidang studi dan universitas di Inggris mana yang diminati.

Beberapa kriteria untuk mendaftar beasiswa ini diantaranya: pengalaman kerja minimal dua tahun, sertifikat bahasa Inggris sesuai dengan skor minimal yang tergantung program studi yang dilamar, dua surat rekomendasi yang langsung terhubung dengan email pemberi rekomendasi. Dokumen lain yang menjadi prasyarat adalah ijasah, biodata dan lain sebagainya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.


Jardine Foundation Scholarship

Jardine scholarship merupakan salah satu beasiswa paling prestisius yang bisa kamu apply. Beasiswa ini tidak membatasi program studi yang dipilih. Universitas yang ditawarkan hanya dua, yaitu University of Oxford dan University of Cambridge. Jardine scholarship menawarkan dua macam beasiswa, yaitu untuk level sarjana dan master.

Pelamar asal Indonesia terlebih dahulu harus mendaftar di universitas Oxford atau Cambridge. Jika mendapat admission offer, peluang mendapat beasiswa ini tentu lebih besar. Beberapa kriteria yang harus dimiliki diantaranya, memiliki skill dalam kemepimpinan, prestasi non-akademik, terlibat dalam pemberdayaan masyarakat atau aktivitas sosial, dan prestasi lain yang menunjukkan pelamar sebagai warga negara yang baik.


Gates Cambridge Scholarship

Gates Cambridge Scholarship adalah beasiswa studi di University of Cambridge yang dikelola dibawah naungan the Gates Foundation. Beasiswa ini diberikan pada penerima yang akan studi tingkat master di Universitas Cambridge. Dilaporkan bahwa saat ini tidak lebih dari tiga mahasiswa asal Indonesia yang pernah menjadi penerima beasiswa ini.

Gates Cambridge Scholarship menyeleksi pelamar dengan tingkat kemampuan akademik yang mumpuni. Soft skill lain yang menjadi kriteria bisa dikatakan tak jauh beda dengan beasiswa lainnya, yaitu, memiliki kecakapan dalam kepemimpinan, memiliki komitmen yang tinggi untuk mengabdi pada masyarakat, dan berprestasi. Dalam setahun, ribuan aplikan melamar beasiswa ini, kurang dari 100 orang yang mendapatkannya.

Reach Oxford Scholarship

Reach Oxford merupakan beasiswa Inggris yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat sarjana atau S1. Mahasiswa di semua program kecuali kedokteran diperbolehkan untuk menjadi pelamar beasiswa ini. Reach Oxford konsen pada mahasiswa yang berasal dari negara dengan pendapatan rendah. Mereka yang tidak bisa studi di negara asalnya karena kendala politik, finansial, dan infrastruktural diutamakan.

Penerima beasiswa Inggris ini akan kuliah di Oxford. Prestasi akademik, keterlibatan dalam aktivitas sosial, kesediaan untuk kembali dan membangun negara asal menjadi kriteria yang paling dipertimbangkan. Untuk melamar beasiswa ini, pelamar harus sudah mendaftar di University of Oxford dan menerima admission offer dari University of Oxford.


Simon and June Li Scholarship

Simon and June Li Scholarship boleh dibilang beasiswa Inggris yang cukup populer dengan tingkat persaingan yang teramat ketat. Hanya dua mahasiswa yang menerima beasiswa ini tiap tahunnya. Namun demikian, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Oxford bisa masuk sebagai calon penerima. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiwa yang studi tingkat sarjana atau S1 di Oxford.

Pelamar boleh berasal dari program studi S1 apa saja kecuali kedokteran. Beasiswa yang diberikan meng-cover seluruh biaya kuliah dan biaya hidup sampai selesai studi. Beasiswa Inggris ini ditawarkan untuk mereka yang memiliki nilai dan prestasi akademik yang tinggi.

Cambridge International Scholarship

Untuk mahasiswa Indonesia, beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang studi di level doktoral atau S3 di University of Cambridge. Tidak ada kriteria mengenai bidang studi yang diambil dan latar belakang finansial pelamar. Kriteria yang diutamakan salah satunya adalah pelamar memiliki kemampuan dan prestasi akademik yang mumpuni. Kemampuan akademik ini dirangking secara total oleh lintas departemen yang menaungi maasing-masing program PhD yang dituju.

Pendaftaran beasiswa ini biasanya dibuka pada akhir tahun (Desember) hingga awal tahun (Januari tahun baru) untuk periode studi pada tahun yang baru. Beasiswa ini berada di bawah naungan the Cambridge Trust. Potensi riset doktoral yang dinilai dari proposal riset menjadi salah satu pertimbangan utama panitia seleksi.

beasiswa inggris

Daftar beasiswa Inggris yang ditawarkan sebenarnya banyak sekali. Daftar di atas hanyalah yang memungkinkan bisa di-apply oleh mahasiwa internasional termasuk asal Indonesia. Beasiswa Chevening sejauh ini paling populer dan memiliki alumni terbanyak.

Baca juga: Daftar Beasiswa di Luar Negeri