Beasiswa Indonesia: Daftar Program Kementerian

Terhambat masalah biaya untuk studi lanjut menjadi persoalan besar? Jaman seperti sekarang ini, dana kuliah sudah menjadi hal lumrah yang perlu dipertimbangkan. Banyak beasiswa Indonesia dari berbagai kementerian yang bisa dimanfaatkan. Paparan berikut akan menyajikan info lembaga di kementrian atau selevel yang menyediakan program beasiswa yang bisa kamu apply.

Adanya program beasiswa Indonesia dari kementerian seperti sebuah oase ditengah kebimbangan masyarakat yang ingin melanjutkan kuliah tetapi terhalang oleh biaya. Bukan saja masyarakat umum, ternyata banyak juga aparatur sipil negara yang bertanya apakah ada skema pembiayaan sekolah untuk mewujudkan cita-cita lebih baik. Mendengar hal tersebut, pemerintah mencoba menawarkan solusinya. Salah satunya adanya beasiswa Indonesia yang disediakan oleh berbagai lembaga kementrian atau setingkat kementrian.

Beasiswa Dalam Negeri: Daftar Lengkap

Jika kamu merupakan salah satu orang yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan studi dengan jalur beasiswa, sepertinya penting melihat beberapa jenis beasiswa Indonesia berikut ini:

  • LPDP

Lembaga pengelola dana pendidikan atau lebih dikenal dengan LPDP merupakan salah satu lembaga non esolon yang sudah secara resmi ditetapkan oleh menteri keuangan dan bertanggung jawab penuh kepada menteri keuangan tersebut. Nah, dalam lembaga ini mempunyai 3 sekaligus program pendidikan yang bisa kamu gunakan, pendidikan Indonesia, riset pembangunan Indonesia dan rehabilitasi fasilitas pendidikan. Pendidikan yang diberikan tersebut untuk mempersiapkan pemimpin dan professional yang cerdas dimasa depan.

Terdapat 11 prioritas bidang ilmu seperti teknik, sains, pertanian, kedokteran dan kesehatan, akuntansi dan keuangan, hukum, agama, pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, seni serta paling terakhir bahasa. Untuk tahapan seleksi sendiri cukup ketat dari mulai pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi online, seleksi wawancara, LGD, on the spot writing, dan penetapan penerimaan beasiswa tersebut.

  • Beasiswa Unggulan

Lalu ada program beasiswa Indonesia dari kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia yang memiliki skema pembiayaan unggulan berprestasi, 3t, dan pegawai kemendikbud yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Hal ini bisa didapatkan melalui jenjang S1, S2, S3 sesuai dengan prestasi dibidangnya. Untuk yang diprioritaskan ada kurang lebih 18 keilmuan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa Indonesia yang satu ini bisa langsung kunjungi website resmi pemerintah.

beasiswa indonesia
  • Program beasiswa santri berprestasi

Program yang satu ini ada sejak tahun 2005 yang bertujuan untuk membangun pendidikan islam yang meliputi mutu, daya saing, tata kelola pendidikan dan masih banyak lagi lainnya. Program ini ditujukan secara langsung untuk para santri-santri yang berprestasi melalui pondok pesantren, ditjen agama yang bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi berkualitas serta ternama di Indonesia maupun luar negeri.

  • Beasiswa S2 ke luar negeri

Pemerintah juga menyiapkan jalan bagi mereka yang masih ingin mempunyai cita-cita tinggi melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri. Ada program beasiswa yang ditujukan bagi mereka masyarakat Indonesia terutama yang menjadi aparatur sipil negara, TNI, POLRI, dan karyawan ataupun karyawati swasta yang bekerja dalam bidang informasi dan komunikasi. Beasiswa ini dikhususkan bagi mereka yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri.

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

  • BUDI

Inilah yang dikatakan sebagai sekolah tidak pernah ada batasannya, apalagi yang sudah menjadi dosen. Untuk meningkatkan kualitas dari dosen-dosen perguruan tinggi membuat pemerintah langsung memberikan program beasiswa. Untuk skema dalam pendidikan ini ditawarkan doktor dalam negeri maupun doktor luar negeri. Terdapat lebih dari 500 kuota yang tersedia untuk kamu manfaatkan agar mendapatkan pendidikan atau ilmu lebih baik lagi.

Itulah beberapa jenis program yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan jenjang karir lebih baik lagi tanpa perlu mengkhawatirkan mengenai biaya. Pemerintah sendiri secara konsisten memberikan bantuan yang akan sangat sayang sekali jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Bagi kamu salah satu penerus bangsa yang baik tentu saja harus lebih sanggup lagi belajar untuk mengejar kekalahan negeri berkembang seperti di Indonesia ini. Tentu saja hal itu tidak bisa lepas dari beberapa hal seperti:

  1. Prestasi akademik yang selalu meningkat.
  2. Semangat yang sangat besar untuk bisa melanjutkan.
  3. Usaha yang tidak pernah berhenti sampai dengan berhasil mendapatkan.

Selain 3 hal yang telah dituliskan diatas tentu saja tidak lupa untuk selalu berdoa, usaha tanpa campur tangan pencipta itu tidak akan memberikan hasil yang nyata. Meskipun banyak jenis beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah dan beberapa lembaga organisasi lainnya. Tetapi kamu tetap harus melakukan segala bentuk usaha, persaingan yang dilakukan tidaklah mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk bisa mendapatkan itu semua. Tidak lupa juga untuk terus melihat informasi terbaru mengenai daftar beasiswa Indonesia yang bisa kamu manfaatkan untuk melanjutkan pendidikan.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap