Beasiswa Dikti: Info & Jenisnya Lengkap

Ketika akan melamar beasiswa, ada beberapa pertimbangan penting yang harus diperhatikan sehingga nantinya mendapatkan jenis beasiswa yang tepat. Beberapa pertimbangan tersebut misalnya lembaga mana yang menawarkannya.

Selain itu, seperti apa fasilitas yang akan diberikan mulai dari biaya, berapa lama, dan yang terakhir adalah syarat yang harus diajukan untuk mendapatkan beasiswa. Dengan pertimbangan tersebut maka kamu bisa mendapatkan jenis beasiswa yang terbaik. Salah satu jenis beasiswa yang bisa dipilih adalah dari Dikti.



Beasiswa S1: Daftar Lengkap Untuk Kuliah Gratis

Beasiswa dikti meliputi berbagai jenjang pendidikan, dari S1, S2, hingga S3. Adapun jenis beasiswa Dikti yang ditawarkan adalah sebagai berikut ini:

  • Beasiswa Bidikmisi

Jenis beasiswa Dikti  yang pertama dan paling populer dari Dikti adalah beasiswa Bidikmisi. Beasiswa ini merupakan pilihan beasiswa terbaik untuk murid berprestasi yang tidak mempunyai cukup biaya sehingga harus mengubur niat untuk kuliah. Karena jenis beasiswa ini dikhususkan untuk mereka yang mempunyai prestasi dan juga dari keluarga yang ekonominya kurang. Beasiswa Bidikmisi ini diberikan untuk lulusan SMA/SMK/sederajat yang baru saja lulus dan ingin melanjutkan kuliah ke berbagai perguruan tinggi. Beasiswa Bidikmisi sendiri juga tidak hanya tersedia untuk jenjang D3 dan S1 tetapi juga yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 dengan syarat yang berbeda tentunya. Fasilitas yang diberikan untuk beasiswa adalah gratis biaya kuliah selama masa kuliah dan juga akan mendapatkan uang saku setiap bulannya untuk keperluan biaya hidup.

  • Beasiswa PPA

Jenis beasiswa Dikti selanjutnya yang bisa didapatkan adalah beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik. Jenis ini merupakan beasiswa yang diperuntukkan untuk mahasiswa dengan prestasi yang bagus. Dimana pada umumnya beasiswa ini dapat diberikan untuk mereka yang mempunyai nilai terbaik atau tertinggi di jurusannya atau yang mempunyai prestasi non akademik dengan nilai IPK minimal 3,00. Untuk fasilitas yang akan didapatkan pada beasiswa PPA adalah uang tunai selama satu semester dan bisa didapatkan oleh mahasiswa D3 dan S1 saja.

beasiswa dikti
  • Beasiswa PMDSU

Jenis beasiswa Dikti  lainnya yang bisa dicoba untuk didapatkan adalah beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Beasiswa ini bisa didapatkan oleh merek yang telah mendapatkan gelar sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Sehingga nantinya akan mendapatkan biaya untuk penelitian dan juga akan mendapatkan pengalaman untuk penelitian berbasis internasional. Beasiswa ini sangat diharapkan dapat untuk meningkatkan sumber daya pengajar yang ada di Indonesia dengan biaya riset di dalam negeri dan juga luar negeri. Selain itu beasiswa ini juga akan memberikan tunjangan biaya hidup, biaya seminar, dan biaya administrasi.

  • Beasiswa BPPDN

Jenis selanjutnya yang ditawarkan oleh beasiswa Dikti adalah beasiswa BPPDN atau beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri. Beasiswa ini memang spesifik untuk dosen atau tenaga pengajar yang bekerja di perguruan tinggi yang ada di bawah Kemenristekdikti. Sehingga memang jenis beasiswa ini tidak beda dengan jenis beasiswa PMDSU tetapi mempunyai penerima yang khusus. Untuk fasilitas yang akan bisa didapatkan adalah biaya domisili, biaya perjalanan, biaya hidup, biaya buku, dan juga biaya penelitian.

Beasiswa S2 Luar Negeri: Tips & Trik Mudah



  • Beasiswa BPPLN

Pilihan lainnya yang diberikan oleh Dikti adalah beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN). Beasiswa ini merupakan jenis yang diberikan untuk mereka yang ingin mengejar gelar yang lebih tinggi di luar negeri. Untuk penerimanya jenis ini juga masih dikhususkan untuk dosen dan pengajar di perguruan tinggi. Sedangkan untuk fasilitas yang akan didapatkan adalah biaya tesis atau disertasi, biaya buku, biaya tiket pesawat, tunjangan keluarga, dan masih banyak keuntungan lainnya.

  • Beasiswa BUDI

Beasiswa BUDI merupakan gabungan dari BPPDN Dan BPPLN dan merupakan program terbaru yang diberikan oleh Dikti. Dimana untuk jenis beasiswa ini akan menggunakan standar LPDP untuk menyalurkan dana beasiswa kepada penerimanya. Selain itu jenis beasiswa ini juga akan memantau perkembangan studi dari penerimanya sehingga tidak akan lebih tetap sasaran untuk semua biaya dan fasilitas yang diberikan oleh penerimanya.

  • Beasiswa PKPI

Dan jenis beasiswa Dikti terakhir yang bisa dipilih dan diberikan adalah beasiswa PKPI atau Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional. Jenis beasiswa bisa didapatkan oleh mahasiswa aktif S3 yang cara mendapatkannya juga tidak mudah. Dimana cara mendapatkan beasiswa jenis ini adalah dengan mempublikasikan karyanya dan harus mendapatkan pengakuan dari internasional. Jenis beasiswa PKPI ini merupakan beasiswa nongelar sehingga syarat yang diajukan tidak harus memperoleh ijazah atau sertifikat dari perguruan tinggi atau riset luar negeri. Untuk tunjangan yang diberikan beasiswa ini adalah biaya buku, tiket pesawat, dan juga asuransi.



Beasiswa Dalam Negeri: Daftar Lengkap