Beasiswa Dalam Negeri: Daftar Lengkap

Menempuh pendidikan setinggi mungkin adalah harapan banyak orang. Apalagi dengan pendidikan yang mumpuni, masa depan bisa menjadi lebih cerah dan gemilang. Sayangnya banyak kendala yang juga sering terjadi dalam kehidupan yang mengakibatkan putusnya rantai pendidikan dari sekolah ke jenjang perkuliahan. Salah satu faktornya bisa jadi keterbatasan biaya.

Hal ini tak jarang juga dialami oleh pelajar yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik sehingga sangat disayangkan. Untuk itulah baik pemerintah maupun lembaga non pemerintah menawarkan berbagai program beasiswa dalam negeri bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat perkuliahan.

Beasiswa Kuliah di Indonesia: Daftar Lengkap

Berikut ini adalah beberapa daftar beasiswa dalam negeri yang bisa kamu dapatkan khususnya untuk pelajar lulusan SMA atau sederajat yang ingin kuliah di perguruan tinggi nasional:

  • Beasiswa Kompas dan Avian

Merupakan beasiswa dalam negeri yang diberikan oleh Harian Surat Kabar Kompas untuk pelajar kelas 12 yang berprestasi. Untuk mendapatkannya, kamu harus memberikan salinan rapor sebagai salah satu persyaratannya.

  • Beasiswa STIE Perbanas Surabaya

Merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di kota Surabaya. Kamu bisa mendapatkan beasiswa jenjang perkuliahan D3 dan S1 dari awal hingga kelulusan. Bukan hanya uang untuk biaya kuliah saja, bagi mereka yang lolos persyaratan juga bisa mendapatkan uang saku setiap bulannya.

beasiswa dalam negeri
  • Beasiswa BCA

Dikeluarkan oleh bank BCA selaku bank nasional besar bagi pelajar SMA dan SMK yang ingin melanjutkan perkuliahan di jurusan akuntansi dan ilmu komputer. Bukan hanya biaya kuliah, BCA juga memberikan uang saku setiap bulannya pada mahasiswa yang memperoleh beasiswa dan bank besar nasional ini.

  • Bali Wise

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan kuliah di jurusan pariwisata, tak ada salahnya untuk mencoba mengambil beasiswa dari Bank Bali. Beasiswa ini dibuka 4 kali setahun yaitu di bulan Januari, April, Juli dan Oktober dengan membebaskan biaya kuliah serta pemberian uang saku dan uang tunjangan buku kepada para mahasiswanya.

  • Beasiswa IPB

Institut Pertanian Bogor memiliki program beasiswa bagi mereka pelajar berprestasi yang berada di daerah atau di desa dan ingin mengembangkan pertanian di daerah asalnya.

Beasiswa S1: Daftar Lengkap Untuk Kuliah Gratis

  • Beasiswa Universitas Bakrie

Universitas Bakrie memiliki program beasiswa S1 untuk para pelajar SMA atau sederajat yang memiliki prestasi akademik dengan bukti nilai rapor selama di tingkat sekolah menengah atas atau SMK.

  • Tanoto Fundation

Tak ingin terikat dengan pilihan universitas yang memberikan beasiswa? Kamu bisa mencari beasiswa dari Tonoto Foundation yang telah bekerja sama dengan puluhan universitas di seluruh Indonesia. Tonoto Foundation memberikan beasiswa S1 dan S2 dengan membebaskan biaya kuliah full selama 8 semester. Bukan hanya menyediakan pendidikan formal gratis untuk mereka yang terpilih, Tonoto Foundation juga memberikan pendidikan soft skill untuk para penerima beasiswanya.

  • Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Pemerintah melalui kemendikbud memberikan beasiswa dalam negeri pada pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya hingga jenjang S3. Ada 18 bidang keilmuan yang dapat kamu pilih untuk mendapatkan beasiswa dari kemendikbud ini.

  • Djarum Foundation

PT Djarum telah lama memiliki program beasiswa untuk para mahasiswa berprestasi dengan memberikan uang senilai Rp. 750 ribu setiap bulan selama satu tahun. Selain itu Djarum Foundation juga memiliki program beasiswa untuk mereka yang berprestasi dalam bidang olahraga melalui organisasi Keolahragaan yang dimiliki.

  • BFI Finance

Ingin mendapatkan beasiswa sekaligus jaminan bekerja di perusahaan besar? Kamu bisa mencoba mengajukan permohonan beasiswa dari BFI Finance. BFI memberikan beasiswa penuh hingga semester 9 bagi penerima beasiswanya. Selain itu BFI juga membuka kesempatan bagi lulusannya untuk bekerja di kantor-kantor BFI yang tersebar di berbagai kota besar.

  • Beasiswa Bank Indonesia

Selain pemerintah dan yayasan, perbankan juga memiliki program beasiswa salah satunya adalah program Genbi yang dimiliki oleh Bank Indonesia. Bank Indonesia akan memberikan bantuan dana setiap bulannya untuk mahasiswa yang memperoleh beasiswa. Selain bank Indonesia, bank besar lainnya juga banyak yang memiliki program beasiswa seperti BCA dan BNI.

Itulah beberapa sumber beasiswa dalam negeri yang bisa kamu ajukan untuk memperoleh bantuan dana guna memenuhi kebutuhan perkuliahan. Kamu bisa mengajukan di beberapa tempat sekaligus asalkan tak ada persyaratan yang melarangnya. Untuk informasi lebih detail mengenai persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa, kamu bisa langsung membaca di website resmi para pemberi beasiswa dan langsung memulai proses pemenuhan syarat yang diminta. Beberapa beasiswa memiliki tanggal berlaku sehingga ada baiknya kamu tak membuang waktu untuk melengkapi persyaratannya. Sekarang tak ada alasan lagi untuk putus kuliah karena ada banyak jalan menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi jika kamu aktif mencarinya.

Beasiswa Universitas: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia