Beasiswa D3: Info Lengkap & Cara Memperolehnya

Pendidikan merupakan modal yang sangat penting untuk hidup di masyarakat. Dengan pendidikan tinggi, kita akan memiliki pengetahuan dan skill di bidang yang kita geluti . Pendidikan juga menjadi tolak ukur untuk masuk dalam lingkungan kerja atau membuka sebuah usaha. Meski tak digunakan secara langsung pun, orang yang memiliki pendidikan tinggi akan bisa terlihat dari tingkah lakunya dibandingkan orang yang kurang berpendidikan.

Beasiswa Kuliah di Indonesia: Daftar Lengkap

Saat ini ada banyak jenis beasiswa yang diberikan oleh pemerintah maupun swasta untuk memberikan jenjang pendidikan setinggi-tingginya. Salah satu contohnya adalah beasiswa D3 yang kerap diberikan oleh perguruan tinggi untuk lulusan sekolah tinggi yang memenuhi persyaratan.

Jenjang pendidikan D3 masih menjadi pilihan banyak lulusan sekolah tinggi untuk melanjutkan pendidikannya. Beberapa alasannya adalah kurun waktu yang lebih singkat dibandingkan jenjang S1. D3 bisa ditempuh selama 2 hingga 3 tahun jika dilalui secara normal dengan prestasi yang wajar. Setelah itu, gelar D3 atau Madya akan diberikan untuk bekal lulusan D3 terjun langsung ke masyarakat. Kurun waktu yang lebih singkat dibandingkan S1 tersebut diharapkan para calon lulusannya bisa mempercepat mereka mendapatkan pekerjaan ataupun pendidikan yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha.

Meski lebih singkat, namun dana yang dibutuhkan untuk masuk ke perguruan tinggi juga masih tinggi. belum lagi biaya per semester atau per sks yang dibebankan pada mahasiswa nantinya. Kendala keuangan seringkali menjadi penghambat lulusan SMA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi meski dengan strata D3. Namun tak perlu berkecil hati karena kamu bisa mencari beasiswa yang diberikan oleh pemerintah, lembaga swasta maupun perguruan tinggi untuk bisa menempuh kuliah secara gratis.

Beasiswa S1: Daftar Lengkap Untuk Kuliah Gratis

Beasiswa sendiri ada beberapa macam yang menentukan siapa saja yang bisa memperolehnya. Berikut ini adalah beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu cari dan pilih untuk dilengkapi persyaratannya agar terpilih untuk mendapatkan beasiswa D3 keringanan biaya kuliah bahkan gratis hingga lulus nanti:

  • Beasiswa dari kampus / perguruan tinggi

Hampir semua perguruan tinggi kini memiliki program beasiswa untuk calon mahasiswa dan mahasiswa yang memenuhi persyaratan, termasuk beasiswa D3. Umumnya mereka memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang memiliki orang tua terbukti kurang mampu untuk membayar biaya perkuliahan. Selain itu beasiswa juga diperebutkan oleh banyak kandidat sehingga ada test tertulis yang harus diikuti oleh mereka yang menginginkan beasiswa tersebut. Bisa dikatakan, beasiswa dari kampus adalah beasiswa untuk calon mahasiswa yang kurang mampu namun berprestasi.

  • Beasiswa dari perusahaan

Banyak perusahaan besar memiliki program kemanusiaan atau sosial dengan memberikan beasiswa beasiswa D3. Selain itu bisa juga beasiswa yang diberikan berupa beasiswa umum dan telah bekerja sama dengan perguruan tinggi tertentu. Sebagai contoh adalah PT Pertamina, PT Djarum, PT Ciputra dan masih banyak lagi perusahaan besar yang memiliki program sosial tersebut. Untuk mendapatkannya, Kamu bisa bertanya langsung ke bagian humas perusahaan ataupun pada perguruan tinggi tempat kamu akan menempuh pendidikan mengenai cara mengajukan beasiswa dari perusahaan tersebut.

  • Beasiswa PPA

Beasiswa PPA merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa D3, D4 dan S1 yang kurang mampu. Di sini beasiswa diberikan berupa keringanan biaya perkuliahan atau penghapusan biaya perkuliahan untuk mereka yang telah terdaftar sebagai mahasiswa.

  • Beasiswa Afirmasi

Memiliki prestasi yang membanggakan namun tak memiliki dana untuk meneruskan kuliah, kamu bisa mengajukan beasiswa Afirmasi ini. Merupakan salah satu jenis beasiswa yang dikeluarkan oleh LPDP dimana semua masyarakat Indonesia yang berprestasi bisa mengajukan permohonan.

  • Beasiswa perbankan

Bank besar baik swasta maupun BUMN memiliki program beasiswa baik untuk karyawannya ataupun untuk umum. Kamu bisa mengajukan permohonan secara langsung dengan melihat taat caranya di website perbankan yang dipilih.

  • Beasiswa unggulan Kemendikbud

Memiliki prestasi akademik dan ingin melanjutkan pendidikan hingga keluar negeri? Kamu bisa mencoba beasiswa dari kemendikbud ini. Kementrian terkait bisa memfasilitasi pendidikan kamu hingga ke negara-negara yang telah menjalin hubungan persahabatan. Namun kamu juga harus membuktikan bahwa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut.

beasiswa d3

Dari berbagai jenis beasiswa D3 di atas, kamu bisa mengajukan permohonan di beberapa lokasi sekaligus. Kumpulkan persyaratan yang dibutuhkan terlebih dahulu karena umumnya dokumen yang dibutuhkan sangatlah detail. Persiapkan diri untuk melakukan test tertulis dan wawancara karena beberapa jenis beasiswa memerlukan proses tersebut untuk mencari calon mahasiswa yang betul-betul layak mendapatkan beasiswa. Jika belum berhasil di satu tempat, maka kamu bisa mencoba di tempat lain karena masih banyak lagi jenis beasiswa yang kini digalakkan untuk membantu peningkatan penyetaraan pendidikan masyarakat Indonesia.

Beasiswa Universitas: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia