Beasiswa Amerika Serikat: Info & Tips Hunting

Sekarang ini, banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyekolahkan anak-anaknya di luar negeri karena berbagai alasan. Salah satu negara yang paling banyak dijadikan target untuk menunjang pendidikan anak-anak mereka adalah Amerika Serikat. Sudah bukan rahasia lagi jika Amerika begitu banyak dipilih oleh seluruh dunia karena memiliki sistem pendidikan yang berbeda dan juga memiliki berbagai sekolah tinggi mau pun universitas ternama yang memiliki jebolan-jebolan yang membanggakan. Tidak heran jika banyak sekali yang memilih negara tersebut untuk melanjutkan pendidikan. Meski sangat menjanjikan, namun biaya sekolah di Amerika Serikat tidaklah murah. Oleh karena itu, kebanyakan dari pelajar Indonesia mengincar beasiswa Amerika Serikat yang sering kali diberikan oleh berbagai lembaga.

Beasiswa Luar Negeri S1: Informasi Lengkap

Bagi kamu yang memang sedang mencari beasiswa tersebut, mungkin ada begitu banyak pertanyaan yang ingin dilontarkan seputar beasiswa tersebut. Tentunya sekarang ini kamu bisa mendapatkannya dengan mudah jika mengetahui apa yang harus dilakukan terlebih dahulu sehingga rencana pun lebih terstruktur dan kamu pun dapat melanjutkan pendidikan tinggi di universitas yang diinginkan di negara bergengsi tersebut. Berikut inilah beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum mendapatkan beasiswa Amerika  tersebut, seperti:

  • Memilih Universitas

Hal paling pertama yang harus sekali kamu perhatikan dan juga siapkan dari jauh-jauh hari adalah universitas di Amerika Serikatyang akan dipilih. Seperti yang diketahui, di negara maju tersebut terdapat begitu banyak universitas yang sangat bagus dan juga cukup terkenal. Pilihlah terlebih dahulu universitas yang dirasa paling cocok dan juga paling pas dengan yang kamu cari. Tidak hanya satu, namun sediakan beberapa universitas yang dirasa juga cukup cocok untuk kamu sebagai cadangan. Cari tahu mengenai universitas yang pas dengan berselancar di internet atau pun mendapatkan rekomendasi dari orang-orang sekitar kamu yang memiliki lebih banyak pengalaman dari bidang ini.

beasiswa amerika
  • Pilih Jurusan

Selain menentukan universitas mana yang diinginkan, jangan lupa untuk memilih jurusan yang diinginkan, yang dirasa paling kamu bisa. Jangan sampai salah memilih jurusan karena nantinya kamu sendirilah yang akan menyesalinya. Pilih yang paling membuat nyaman dan juga yang dimana kamu sukai karena dapat membantu nilai akademik. Hal ini juga sangat membantu kamu dalam memilih universitas mana yang paling tepat untuk kamu, karena tidak semua universitas memiliki jurusan. Selain itu, pastinya pada suatu universitas memiliki beberapa jurusan unggulan yang bisa kamu pilih dan membuat kamu semakin percaya diri.

  • Cari Program Beasiswa

Saat ini, sudah ada begitu banyak lembaga yang menawarkan beasiswa Amerika Serikat yang terlihat menarik dan juga menguntungkan. Meski ada begitu banyak, namun tentunya tidak semuanya memberikan fasilitas yang sama dan juga yang seperti kamu inginkan. Oleh karena itu, kamu harus bisa menelaah yang mana program terbaik yang bisa membuat kamu lebih diuntungkan dan tidak merugi. Berikut inilah beberapa lembaga yang sering kali memberikan beasiswa pendidikan tersebut:

  • Lembaga pemerintah
  • Universitas tertentu atau yang sudah menjalin kerjasama
  • Yayasan atau pun lembaga swasta
  • Filantropis
  • Lomba-lomba edukasi atau pun prestasi

Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia

Bentuk Beasiswa

Sekarang ini, bentuk beasiswa yang diberikan oleh lembaga-lembaga tersebut ada begitu banyak macamnya. Beberapa bentuk yang paling sering diberikan adalah berupa scholarship, assistantship, dan juga fellowship. Tentunya semua jenis tersebut memiliki program serta bentuk yang berbeda. Kamu pun juga bisa memilih sesuai dengan yang dibutuhkan dan juga diharapkan. Berikut inilah perbedaan dari ketiga bentuk beasiswa tersebut:

Scholarship

Bentuk pertama dari beasiswa adalah scholarship atau merupakan suatu bentuk program beasiswa yang diberikan tanpa adanya imbalan langsung dari sang pemberi, namun biasanya sang penerima beasiswa diminta untuk mengabdi pada negara atau perusahaan yang memberikan beasiswa tersebut. Jenis ini merupakan yang paling sering kita temui di Indonesia dan yang menjadi paling umum diberikan oleh universitas, perusahaan mau pun negara.

Fellowship

Jenis beasiswa yang satu ini merupakan program dimana sang penerima harus memberikan kontribusi secara langsung. Misalnya, melakukan penelitian, melakukan magang, atau pun mengajar pada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut. Memang jenis yang satu ini sedikit jarang ditemukan, terutama dari universitas di Indonesia. Namun, beberapa perusahaan juga masih memberikan beasiswa dalam bentuk yang satu ini.

Assistantship

Bentuk terakhir dari beasiswa Amerika Serikat yang paling sering diberikan oleh lembaga-lembaga di Indonesia adalah assistantship. Program ini dibagi menjadi dua, yakni dimana si penerima harus melakukan penelitian sebagai asisten penelitian, atau pun menjadi pengajar atau asisten mengajar. Bisa juga sang penerima diminta untuk melakukan kedua hal tersebut untuk memajukan lembaga tersebut di kemudian hari.

Beasiswa Kuliah di Luar Negeri [S1/S2/S3]: Daftar Lengkap