Program Beasiswa 5000 Doktor: Info & Pendaftaran

Beasiswa 5000 Doktor adalah program beasiswa yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagaman Islam (PTKI) melalui pendidikan S3 di berbagai kampus berkualitas. Program ini pertama kali dicanangkan pada 2014 dan masih berjalan sampai sekarang.

bea 5000 doktor

Adanya program beasiswa 5000 doktor tentu membuka peluang bagi beberapa pendidik baik PNS maupun non-PNS yang ingin melanjutkan studi S3 dengan berbagai macam program studi pilihan. Program ini juga memberikan bantuan penyelesaian pendidikan bagi yang sedang menempuh program studi doktoral di bawah PTKI.

Berdasarkan skema program beasiswa 5000 doktor yang telah disusun, ada dua jenis beasiswa yang ditawarkan. Tentu saja, aplikan hanya bisa mengajukan slah satu dari keduanya. Jenis beasiswa pertama adalah Beasiswa Program Doktor (full scholarship). Kedua, Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP).


Beasiswa Program Doktor (full scholarship)

Program ini merupakan program beasiswa Kementrian Agama bagi dosen dan tenaga pengajar yang bekerja di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), atau pegawai Kementrian Agama untuk menempuh studi jenjang doctor (S3) di perguruan tinggi dalam negeri yang berkualitas. Beasiswa ini diberikan selama 3 tahun atau 6 semester meliputi biaya studi dan biaya hidup.

Beasiswa Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP)

Program beasiswa ini merupakan program Kementrian Agama bagi dosen dan tenaga pengajar yang sedang dalam tahap akhir penyelesaian studi di kampus yang terakreditasi A atau B di Indonesia. Bantuan yang diberikan berupa uang dengan besaran yang ditentukan kemudian dan diberikan dalam sekali bayar.



Jadwal seleksi

Berikut ini tanggal penting yang harus diperhatikan apabila berencana mengikuti proses pendaftaran beasiswa 5000 doktor tahun ini (2018):

beasiswa 5000 doktor

Persyaratan umum Beasiswa 5000 Doktor

  1. Memiliki gelar Magister (S2) dari program studi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
  2. Bidang studi yang akan diambil nyata-nyata penting untuk pengembangan program studi di institusi yang bersangkutan.
  3. Bersedia menandatangani kontrak beasiswa.
  4. Berusia maksimal 47 tahun.
  5. Melakukan registrasi online di sini.



Proses Seleksi

Secara prosedural ada dua macam proses seleksi yang diterapkan: administratif dan akademik. Seleksi administratif menjadi prasyarat mengikuti seleksi akademik.  Seleksi administratif dimaksudkan untuk memastikan bahwa seluruh kelengkapan dokumen yang dikirim adalah benar, asli dan lengkap.

Seleksi akademik dikategorikan ke dalam dua bagian berdasarkan kelompok sasarannya.

Pertama, pendaftar yang memiliki minat prodi pada PTKI, seleksi dilaksanakan di kampus yang telah ditentukan (pendaftar memiliki kebebasan untuk memilih tempat tes pada saat registrasi dan diperkenankan mengikuti tes hanya di tempat yang telah dipilihnya. Tes yang akan diikuti meliputi tes tulis (bahasa Arab, bahasa Inggris, tes potensi akademik) dan tes wawancara (proposal diserasi dan wawasan kebangsaan).

Kedua, pendaftar yang memiliki minat prodi pada PTU, seleksi akademik baik materi, tempat, dan waktu sepenuhnya diserahkan kepada kampus tempat studi. Oleh sebab itu, setelah mendaftar Beasiswa 5000 Doktor, calon harus mendaftarkan diri pada kampus (PTU yang dituju) dan mengikuti seleksi yang diadakan di kampus tersebut. Pendaftar yang dinyatakan lulus tes oleh kampus harus mengikuti tes selanjutnya, yaitu wawancara (wawasan keislaman dan kebangsaan) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Pendaftara boleh memilih sendiri tempat tes pada saat registrasi.



Cara mendaftar

  1. Pemohon menyiapkan berkas kelengkapan persyaratan untuk jenis program yang akan dilamar.
  2. Pemohon mendaftarkan diri sebagai calon peserta Program ke Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam secara online di sini.
  3. Ketentuan dan prosedur pendaftaran mengikuti petunjuk teknis yang sudah disediakan di website tersebut.
  4. Khusus pemohon Beasiswa Program Doktor Dalam Negeri pada kampus PTU (negeri maupun swasta, kecuali yang Islamic studies) wajib mendaftarkan diri ke kampus PTU tujuan dengan memenuhi persyaratan pendaftaran yang ditetapkan oleh PTU masing-masing.
  5. Untuk melihat daftar perguruan tinggi dan program studi yang bisa dipilih, sasaran beasiswa serta persyaratan khusus kedua jenis beasiswa tersebut, silahkan download info lengkapnya di sini – PDF.

Sumber informasi beasiswa