5cm dari Keningmu

Demi menghindari hujatan, cacian, dan kebencian yang hanya merugikan kami sendiri, tulisan ini tidak akan berisi tentang kritik terhadap film 5cm. Tulisan ini berupa uraian sosiologis tentang persahabatan, cinta, dan cita-cita yang banyak dimanipulasi dalam karya seni, terutama film. Manipulasi disini diartikan sebagai penipuan terhadap massa, penipuan terhadap penikmat karya seni.

Sebagai contoh, kita mulai dengan pertanyaan: apa itu persahabatan? apa itu cinta? apa itu cita-cita? Tidak perlu menjawan pertanyaan tersebut karena berpotensi dituduh sebagai orang yang berupaya menipulasi. Mari kita jawab pertanyaan itu dengan pertanyaan juga: untuk tujuan apa definisi persahabatan, cinta, dan cita-cita itu dibuat?

Baca juga Retorika Untuk Milea: Review Film Dilan 1990



Seniman dan orang-orang yang terlibat dalam karya seni mendesain definisi-definisi. Misalnya: persahabatan adalah pertemanan 5 orang yang memiliki kedekatan emosional. Cinta adalah kasih sayang dalam praktik yang berwujud tatapan, senyuman, ciuman, pelukan, dan seterusnya dan seterusnya. Cita-cita adalah memiliki sebuah cerita dimasa lalu tentang pengalaman mendaki Gunung Semeru.

Jelas bahwa definisi dalam karya seni tidak muncul secara alami, tetapi ada orang yang mendesain. Sebagai karya seni, film memiliki setting, latarbelakang, dan yang tidak kalah penting adalah ideologi. Apa yang dimaksud ideologi? Menanamkan definisi ide-ide pada penikmat seni adalah ideologi. Pada akhirnya, penikmat seni didikte untuk mendefinisikan apa itu persahabatan, cinta, dan cita-cita.

film 5cm

Orang ‘gila’ semacam Baudrillard sampai tidak percaya lagi terhadap realitas. Persahabatan, cinta, dan cita-cita, baginya mungkin bukan realitas, melainkan hiperrealitas. Pada kenyataannya, Baudrillard sendiri menyebarkan ideologi tentang hiperrealitas. Ia mencoba memanipulasi pembacanya, terutama para kritikus seni. Karya seni yang otentik sudah diragukan sejak kapitalisme menampakkan batang hidungnya. Itu pendapat kami. Bagiamana pendapat anda tentang karya seni, misalnya film 5cm?